• Address : Jl. Khatib Sulaiman No.61 Lolong Belanti Padang Utara 25136 - Sumatera Barat
  • Call Us : 0751-7051398 / 70554

Rayakan Lustrum Emas, Tahun 2025 AKBP-STIE


Rayakan Lustrum Emas, Tahun 2025 AKBP-STIE

By : Admin Date : Rabu, 16 Maret 2022

Padang, fajarsumbar.com- Menginjak usia emas yang ke-50 tahun Akademi Keuangan dan Perbankan Pembangunan (AKBP) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan, Perbankan dan Pembangunan (STIE KBP) Padang ke-37 telah menjadi seorang manusia yang dewasa.


Pada usia emas peringatan Dies Natalis dan Lustrum tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab tahun ini merupakan Lustrum emas bagi AKBP yang sudah menginjak usia setengah abad.


Tentu dalam perjalanan mencapai umur 50 tahun banyak rintangan dan halangan. Banyak suka dan dukanya pengelola dalam mengembangkan perguruan tinggi tidak saja ternama di Sumbar juga cukup diperhitungkan di tingkat nasional.


Pengembangan perguruan tinggi ini di bawah naungan Yayasan Lembaga Pembangunan Nasional Sumatera Barat (YLPNSB) berbagai macam halangan dan ringantan. Kini sudah memasuki usianya yang ke-50 tahun. Usia emas, usia perguruan tinggi yang sangat matang dalam mengelola pendidikan.


"Dalam perjalanannya, selama 20 tahun lalu, banyak suka dan duka yang dihadapi institusi ini," ungkap Ketua Pengurus Yayasan Lembaga Pembangunan Nasional Sumatera Barat (YLPNSB), Drs. Daswir Siddik., SH., MH., kepadafajarsumbar.comdi sela puncak Lustrum X AKBP dan Dies Natalis XXXVII STIE KBP Padang di halaman kampus Jalan Khatib Sulaiman Padang, Rabu (9/3/2022).


Daswir Siddik mengakui dalam mengelola PT tersebut banyak suka dan dukanya. Berbagai rintangan dan halaman dapat dilalui dengan manis dengan menghasilkan berbagai prestasi.


Salah satu hasil manis yang dipetik PTS ini adalah berdasarkan versi webometrics tahun 2022, AKBP-STIE "KBP", memperoleh predikat sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik nomor 1 di seluruh Sumatera Barat. Sedangkan di seluruh Perguruan Tinggi di Sumatera Barat, AKBP-STIE "KBP" berada di posisi terbaik kelima. Prestasi yang luar biasa.


Menurut Daswir Siddik, momentum Lustrum dan Dies Natalis AKBP-STIE "KBP" tahun 2022 diharapkan kedua institusi ini tahun 2025 nanti telah berubah status dari AKBP-STIE "KBP" menjadi sebuah Institut Ilmu Ekonomi Keuangan, Bank dan Pembangunan dengan mempersiapkan sumber daya dosen dan meningkatkan prasarana pendidikan.


Kondisi tersebut menjadikan tantangan dari pengurus YLPNSB, bersama pimpinan AKBP-STIE "KBP", terutama sejak meninggalnya pendiri institusi Drs. Muchtar Isa yang diiringi lemahnya pengelolaan dan penyelenggaran pendidikan dari pengurus yayasan terdahulu.


Hal ini dijadikan cambuk dari YLPNSB bersama dosen dan karyawan untuk terus berbenah dan bekerja keras, sehingga pendidikan bisa kembali maju dan berjalan seperti dimasa pimpinan (sebelum almarhum Drs. Muchtar Isa), yakni sebagai intistusi pendidian yang vaforit di tengah masyarakat di bidang pendidikan Keuangan Bank dan Pembangunan.


"Alhamdulilah, dengan kebersamaan dan kerja keras, maka prasarana penunjang pendidikan telah sesuai dengan harapan mahasiswa, begitu juga dari segi jumlah mashasiswa mengalami peningkatan setiap tahun," jelasnya.


Tak hanya itu saja, ungkap Daswir, YLPNSB juga akan menyelesaikan aset-aset AKBP- STIE "KBP", untuk pengembangan kampus ke depan dan diharapkan bisa terjawab dan tercapai dengan baik.


Pada puncaknya, katanya, Lustrum X AKBP dan Dies Natalis STIE "KBP" ini, diawali dengan senam bersama, antara pengurus YLPNSB dengan Dosen, Karyawan dan keluarga besar AKBP-STIE "KBP" di halaman kampus.


Kemudian diisi dengan ramah tamah, hiburan dan pemotongan kue ulang tahun AKBP ke 50 dan STIE "KBP" ke-37 oleh Ketua YLPNSB Drs. Daswir Siddik. SH. MH, didampingi Direktur AKBP Afriyeni dan Ketua STIE "KBP" Aminar Sutra Dewi.


Selain itu, juga diadakan kegiatan tarik tambang, lomba pacu karung, pacu memasukan paku dalam botol, goyang balon, pacu menangkap belut.


Sementara itu, Direktur AKBP Afriyeni mengatakan, melalui kegiatan ini, diharapkan dapat terwujud suatu rasa kebersamaan dan hubungan silaturrahmi yang lebih baik, antara pengurus yayasan, dosen, karyawan, mahasiswa dan keluarga besar AKBP-STIE "KBP" Padang.


Rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka Lustrum AKBP dan dies natalis AKP "STIE" ini, ditandai dengan melepas balon dan burung merpati. Pada kegiatan itu tetap menerapkan Protokol Kesehatan (prokes) yang ketat.


Kegiatan lain diisi dengan workshop Penulisan Artikel Karya Ilmiah, sebagai narasumber Prof. Dr. Ratni Prima Lita. SE. M.Si (Dosen Unand) pada 19 Maret 2022. Sedangkan workshop, kurikulum kampus merdeka, sebagai pemateri dosen UNP digelar pada 24 Maret 2022.(adv/RDz)

All Rights Reserved © Copyright 2015 STIE-KBP