• Address : Jl. Khatib Sulaiman No.61 Lolong Belanti Padang Utara 25136 - Sumatera Barat
  • Call Us : 0751-7051398 / 70554

Lulusan STIE-KBP Siap Bersaing di Dunia Kerja


Lulusan STIE-KBP Siap Bersaing di Dunia Kerja

By : Admin Date : Sabtu, 17 Desember 2022

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Keuangan, Perbankan dan Pembangunan (STIE KBP) Padang memastikan para lulusannya siap memasuki dunia kerja. Pasalnya, selama proses perkuliahan, para mahasiswa dibekali berbagai kompetensi untuk bersaing menghadapi dunia kerja.

Hal itu diungkapkan Ketua STIE KBP Padang Febryandhie Ananda saat wisuda periode II tahun 2022 STIE KBP ke-LXVII dan Magister Manajemen ke-XXXVII di Pangeran Beach Hotel, Kamis (15/12/2022).

Pada wisuda tersebut STIE KBP Padang mewisuda jenjang S1 sebanyak 73 orang dan jenjang S2 sebanyak 90 orang. Sampai saat ini STIE KBP Padang Program S1 telah menghasilkan 4.872 orang lulusan dan program S2 Magister Manajemen 1.732 lulusan.

Febryandhie melanjutkan, dalam menghadapi persaingan dunia kerja, para lulusan harus terus meningkatkan kualitas, kompetensi, kreatifitas dan melahirkan inovasi.

Berbagai persiapan perlu kita lakukan untuk menghadapi tantangan dan peluang di dunia kerja. Oleh karena itu, seluruh lulusan telah kami bekali dan membawa sertifikat toefl dengan skor minimal 450, tuturnya.

Ia menambahkan, menurut webometrics akhir tahun ini STIE KBP Padang mempunyai peringkat 475 dari 2.624 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Dan menjadi peringkat 1 di Sumbar tahun 2020 dan 2021. Mudah-mudahan STIE KBP Padang bisa tetap mempertahankan peringkat di tahun 2022 ini.

Pada tahun 2030 nanti, kita mempunyai target menjadi 300 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Untuk itu, pengembangan dan peningkatan terus menerus kami lakukan untuk mencapai target tersebut, jelasnya.

Selain itu, STIE KBP Padang juga telah menjalin kerja sama dengan sejumlah pemda dan stakeholder diantaranya dengan Pemkab Solok, Pemkab Kepulauan Mentawai dan BPR Dana Raga Sejahtera.

Sementara itu, Ketua Yayasan Lembaga Pembangunan Nasional (YLPN) Sumbar Daswir Siddik mengatakan wisuda bukanlah purnatugas untuk berhenti belajar, namun sebaliknya bisa menjadi awal dalam bhakti pada bangsa dan negara melalui ilmu yang sudah didapatkan di kampus ini.

Diharapkan ilmu tersebut dapat digunakan untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks ke depan.

Ia mengungkapkan, pihak yayasan terus memperkuat struktur kelembagaan dan kinerja organisasi serta melengkapi semua sarana dan prasarana perguruan tinggi. Serta meningkatkan kualitas tenaga dosen. Hal ini guna menjadi perguruan tinggi unggul dalam menghasilkan SDM yang terampil dan berkualitas.

Di samping itu, ia juga menyampaikan bahwasan STIE KBP Padang akan berubah menjadi Institut Ilmu Ekonomi Keuangan, Bank dan Pembangunan.

Karena itu, kami berharap dukungan para alumni untuk memberikan yang terbaik bagi almamater kita ini, ucap Daswir.

Daswir juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan bapak/ibu menjadikan kampus ini sebagai tempat menuntut ilmu dan kompetensi bagi anak-anaknya. Semoga para lulusan kita ini mampu bersaing dalam memasuki dunia kerja, harapnya.

Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan LLDIKTI Wilayah X, Ely Susanti berpesan bahwasanya indek kumulatif (IP) tidak menjamin seseorang bisa sukses mendapatkan pekerjaan. Karena itu, para lulusan harus membekali diri dengan kompetensi, keahlian dan keterampilan, sehingga bisa bersaing dalam mendapatkan pekerjaan.

Dan yang paling penting adalah adab atau moral. Setinggi apapun IP dan skill kita, kalau tidak beradab saya pastikan kita akan gagal di luar sana, pesannya.

Di samping itu, ia juga mendorong para dosen STIE KBP Padang untuk meraih gelar guru besar. Karena di lingkungan LLDIKTI Wilayah X, hanya ada 30-an guru besar dan jumlah ini belum mencapai target yang diinginkan.

Maka kami berharap nantinya dengan waktu yang tidak berapa lama akan lahir guru besar di STIE KBP Padang ini, harapnya.

Terakhir, ia berpesan agar para lulusan jangan meninggalkan almamater. Apalagi sebentar lagi STIE KBP Padang akan berubah menjadi Institut, maka dukungan dan doa para alumni sangat dibutuhkan demi mewujudkan cita-cita tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Barlius juga mendorong tenaga dosen di STIE KBP Padang untuk meningkatkan stratanya menjadi guru besar. Karena, semakin banyak guru besar di perguruan tinggi ini maka kualitas pendidikan akan semakin bagus.

Barlius mengapresiasi lulusan STIE KBP Padang yang telah banyak berkiprah baik di pemerintahan, swasta dan lapangan pekerjaan lainnya.

Terakhir, Barlius berpesan kepada para lulusan agar terus meningkatkan kompetensi, keterampilan dan kreativitas. Serta dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Pada wisuda tersebut juga diserahkan piagam penghargaan kepada wisudawan/ti terbaik serta juga penyerahan penghargaan alumni aktifis kampus.

Wisuda ini juga dihadiri Asisten Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Kepulauan Mentawai Nurdin, mitra kerja, stakeholder serta para tamu undangan lainnya.

All Rights Reserved © Copyright 2015 STIE-KBP

http://akbpstie.ac.id/slot-pulsa/